Pemda Kota Cirebon Siapkan Sentra Vaksinasi Covid-19

suaramajalengka – CIREBON – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah mencapai 37 persen dari target dan masuk dua besar capaian tertinggi se-Jawa Barat. Kendati demikian, Pemerintah Daerah Kota Cirebon tetap melakukan akselerasi dan memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak untuk percepatan vaksinasi tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Agus Mulyadi, M.Si. mengatakan, jika melihat progres harian capaian vaksinasi, Kota Cirebon belum mencapai apa yang seharusnya dicapai, maka perlu percepatan, sesuai arahan Gubernur Jawa Barat. “Kota Cirebon memiliki target selesai vaksinasi pada Agustus 2022, Gubernur ingin kita bisa selesai vaksinasi pada akhir tahun ini, maka dibutuhkan 2500 – 3000 dosis perhari,” ucap Agus.

Saat ini, kata Agus, ketersediaan vaksin Kota Cirebon berasal dari Dinas Kesehatan, TNI – Polri, ada juga Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) ingin memberikan vaksin. “Komunitas lain juga ada, mulai dari OJK, BIN, dan Bank Mantap, kita sinergikan,” ujarnya.

Menurut Agus, dari jalur Dinas Kesehatan, diminta puskesmas yang ada di 22 kelurahan se-Kota Cirebon bisa melakukan vaksinasi sebanyak 100 dosis dalam sehari. “Jadi, kalau semua bisa 2.200 per harinya, kita harapkan untuk masyarakat umum, lansia digarap oleh puskesmas dan jajarannya, kita juga minta fasilitas kesehatan lain seperti rumah sakit dan klinik berperan aktif,” ucap Agus.

Kalau vaksin dari jalur TNI – Polri, lanjut Agus, diharapkan mampu menyasar ke warga tingkat remaja. Pasalnya, vaksinasi di kategori remaja ini targetnya besar, tapi capaiannya belum menyentuh seribu jiwa. “Remaja ini diharapkan di sentra-sentra vaksinasi,” katanya.

Agus mengatakan, sentra vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah dipersiapkan di beberapa titik, seperti di Gedung BKKBN untuk wilayah Kecamatan Kesambi, ada juga di Grage City Mall (GCM) wilayah Lemahwungkuk, wilayah lainnya menyusul. “Nanti pendaftaran dibuka melalui online. Jadi, minimal tiga sentra vaksin kami persiapkan, itu bisa mencapai 3.000 dosis perhari,” ujarnya.

Untuk di puskesmas, Agus menambahkan, akan dijadwalkan per-RW di setiap kelurahan. “Jadi misal RW 01 itu secara keseluruhan di hari itu, targetnya sendiri di puskesmas sehari 100 dosis vaksin,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon dr. Edy Sugiarto, M.Kes. mengatakan selama ini Pemda Kota Cirebon rutin menggelar vaksinasi di 22 titik puskesmas. “Kami lakukan percepatan di 22 titik. Kemudian tambah lagi tiga sentral vaksinasi, yakni di Grage City Mall, kantor BKKBN, dan Andalus City,” kata dr Edy, Senin 2 Agustus 2021.

Ia mengaku percepatan vaksinasi itu merupakan upaya agar 70 persen dari target vaksinasi di Kota Cirebon tercapai. Edy juga mengaku telah mengajukan sebanyak 16 ribu vial vaksin. “Kami mendapat dropping sebanyak 5.500 vial. Sekarang kita punya stok 4.500 vial. Ditambah dengan punya TNI dan Polri, sekitar 21.000 vaksin,” jelasnya. (red)