by

Tempat wisata alam menawan di Majalengka yang nggak pernah terbayangkan sebelumnya

suaramajalengka .com – Nama Majalengka makin ramai diperbincangkan saat Bandara Internasional Jawa Barat resmi beroperasi. Hmm sebenarnya ada apa saja sih di Majalengka yang menarik untuk dikunjungi saat liburan?

Nyatanya, jika dulu Majalengka hanya dikenal sebagai salah satu lumbung padi Jawa Barat, tapi kini mulai dikenal sebagai destinasi wisata alam yang keindahannya tiada habisnya.

Majalengka juga ramah untuk semua traveler. Untuk kamu yang senang bertualang, ada beragam curug yang siap memukau pandangan. Untuk kamu yang senang treking atau bersepeda, ada banyak jalur perbukitan yang siap ditaklukkan. Lalu untuk kamu yang hanya ingin bersantai, bisa lho jalan-jalan menggunakan campervan keliling Majalengka.

Apapun jenis perjalanan yang kamu inginkan, Majalengka bisa mewujudkannya. Tidak percaya? Temukan banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau sahabat di Majalengka dari daftar yang sudah kami buat di bawah ini!

1. Perjuangan yang berbuah manis: Bukit Mercury Sayang Kaak

Namanya unik ya? Jadi semakin penasaran kan dengan tempat wisata yang satu ini?

Bukit Mercury Sayang Kaak dulunya adalah area camping namun kini sudah dikembangkan menjadi destinasi wisata yang banyak diburu wisatawan. Untuk kamu yang suka foto-foto pasti senang deh liburan ke sini karena ada banyak spot foto yang hits banget dengan latar pemandangan yang indah.

2. Mau berburu sunrise atau sunset?: Terasering Panyaweuyan Argapura, Majalengka

Sekilas pasti kamu akan mengira jika melihat foto terasering ini terletak di Bali. Padahal wisata terasering panyaweuyan ini terletak di Majalengka.

Panyaweuyan sendiri merupakan suatu tempat di mana pengunjung bisa melihat hamparan sawah berundak-undak layaknya di Ubud serta berbagai gunung yang berada di daerah yang berada berdekatan dengan Kabupaten Majalengka.

Untuk menikmati keindahan yang ada di Terasering Panyaweuyan bisa dimulai sejak pagi hari pukul setengah 6 pagi hingga pukul 8, karena saat itu adalah waktu terbaik untuk melihat pemandangan yang sangat indah.

Kamu bisa menikmati sunrise di pagi hari ataupun sunset pada sore hari. Jika hobi fotografi, kamu bisa datang ke sini dan hunting foto landscape yang hasilnya sangat memikat.

3. Hijau yang menyejukkan mata: Terasering Sawah Nangklak

Jika dibandingkan dengan Terasering Sawah Panyaweuyan, terasering yang satu ini belum begitu populer. Padahal, lansekap persawahannya tidak kalah cantik lho.

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat sawah berundak berwarna hijau yang akan membuat mata kamu langsung fresh. Hampir sepanjang tahun sawah di sini memang selalu hijau, kecuali saat musim panen tiba. Wajar saja karena sawah ini dialiri sumber air melimpah dari Gunung Ciremai.

Berjalan menyusuri sawah sambil disinari cahaya mentari pagi rasanya segar banget! Jangan lupa mengabadikan momen di sini ya, lalu posting di sosmed ya. Pasti teman-teman kamu nggak akan nyangka deh kalau kamu lagi di Majalengka.

4. Meniti tangga demi foto hits: Gunung Ciwaru

Gunung Ciwaru punya dua hal yang kamu butuhkan untuk menjadi hits di social media: pemandangan alam spektakuler dan spot selfie yang kekinian.

Untuk sampai di titik puncak, kamu perlu meniti tangga. Oleh karena itu, persiapan fisik yang prima dibutuhkan sebelum berkunjung ke sini. Tapi semua perjuangan kamu akan terbayar saat sampai di puncak. Rasa lelah dan haus bisa dibayar dengan menikmati makanan dan minuman dari warung sambil bersantai memandangi alam Majalengka yang menakjubkan.

Spot foto di sini juga banyak dan beragam lho. Jadi jangan khawatir akan berdesakan dengan pengunjung lainnya. Yang paling menarik adalah spot selfie berbentuk sarang burung, kamu bisa berfoto di tengahnya dengan latar belakang pepohonan hijau nan asri.

5. Taklukkan jalur pendakiannya dan hilangkan penat di Curug Remis: Puncak Sawiyah

Keindahan alam Majalengka memang tidak perlu diragukan lagi, salah satunya bisa kamu buktikan di Puncak Sawiyah. Setiap pengunjung akan tersihir dengan pemandangan alam perbukitan yang serba hijau. Bayangkan saja, dari Puncak Sawiyah ini kamu bisa melihat Gunung Galunggung, Talaga Bodas, Gunung Papandayan, dan Bandara Internasional Jawa Barat yang baru!

Dengan potensi wisata yang begitu kuat, kini jalur menuju Puncak Sawiyah pun sudah dipugar menjadi lebih lebar dan lebih mulus sehingga setiap pengunjung lebih mudah saat berlibur ke sini. Sesampainya di puncak, kamu bisa foto-foto deh. Ada instalasi sayap garuda yang menjadi favorit para pengunjung untuk berfoto. Ada juga sebuah rumah seperti yang setting film Up lengkap dengan balon-balonnya yang super gemas. Atau kamu juga bisa menyusuri jembatan cinta bersama si cinta.

Eh kalau sudah puas berfoto, jangan langsung pulang. Soalnya, Puncak Sawiyah ini masih punya satu lagi harta karun tersembunyi yang wajib kamu temukan. Coba saja melanjutkan perjalanan kamu dan temukan Curug Remis yang ada di puncak Bukit Sawiyah ini. Air terjun yang alami, jernih, dan suasana sejuk dari pepohonan yang mengelilinginya akan membuat kamu fresh. Rasa lelah setelah menempuh perjalanan panjang pun langsung hilang seketika!

6. Pacu adrenalin di Cikadongdong River Tubing, Majalengka

Mencari wisata yang memacu adrenalin sekaligus menawarkan pemandangan ciamik? Coba melipir ke daerah Desa Payung untuk mencoba river tubing di Sungai Cikadongdong!

Sungai yang jernih, berarus deras dan berhulu di Gunung Ciremai ini menawarkan pengalaman river tubing seru sepanjang 350 meter ditemani guide yang berpengalaman

Mencari wisata yang memacu adrenalin sekaligus menawarkan pemandangan ciamik? Coba melipir ke daerah Desa Payung untuk mencoba river tubing di Sungai Cikadongdong!

Selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah di sisi kanan dan kiri sungai. Bebatuan besar pun tak ketinggalan akan menyapa, namun jangan khawatir karena ada guide yang akan membantu kamu melewati setiap arus deras

Datang ramai-ramai dengan teman lebih menyenangkan lho karena kamu akan ditempatkan di satu tim di setiap pemberangkatan.

Pihak pengelola River Tubing Cikadongdong juga menawarkan paket tiket masuk + nasi liwet buat jaga-jaga perut lapar setelah mengarungi derasnya Sungai Cikadongdong. Jika berminat, harus booking dari jauh-jauh hari ya!

7.Air terjun dengan bebatuan eksotis dan tak pernah kering: Curug Cilutung

Air terjun yang satu ini memiliki pesona alami yang membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan; susunan bebatuan alami yang begitu unik, sangat 

Soal fasilitas, curug yang satu ini terbilang lengkap. Mulai dari tangga yang dicor dengan pegangan tangan untuk memudahkan pengunjung naik/turun ke curug. Ada juga gazebo, taman bermain anak, kolam renang anak hingga area memancing. Lengkap bukan?

8. Surga tersembunyi di Tatar Pasundan: Telaga Nila, Majalengka

Dari fotonya saja kamu pasti sudah dapat tertegun-tegun sendiri membayangkan keindahan Telaga Nila Danau Biru. Bagaimana tidak menawan, air di telaga ini berwarna biru dan jernih. Ya, Telaga Nila memiliki keistimewaan berupa warna airnya yang jernih berwarna biru kehijauan dan mampu memantulkan bayangan pepohonan rimbun yang mengelilinginya

Oh iya, sebaiknya kamu datang pada saat musing penghujan, karena bila berkunjung pada saat musim kemarau volume air akan menyusut mengurangi keindahannya.

Yeay sekarang kamu jadi punya lebih banyak alasan kan untuk liburan di Majalengka? Kata siapa opsi destinasi liburan akhir pekan singkat dari Jakarta cuma Bogor dan Bandung. (dik/triipkanvas)