Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-74 Tingkat Kabupaten Subang Tahun 2021

Subang – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) menggelar peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-74 secara sederhana di Gedung Dekopinda Subang, Kamis (19/08/2021). Tema peringatan hari koperasi tingkat Kabupaten Subang adalah “Koperasi kuat, modern dan mandiri, dukung Ketahanan Pangan untuk Kesejahteraan Anggota dan Masyarakat”. 

Dalam sambutannya H. Daeng M. Ma’mur selaku Ketua Dekopinda Kabupaten Subang mewakili Dekopinwil Jawa Barat mengatakan bahwa peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 tingkat Kabupaten Subang saat ini dilaksanakan sangat sederhana, hal ini dilakukan mengingat dalam situasi pandemi Covid-19. Meskipun demikian pihaknya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para pengurus koperasi atas terselenggaranya acara sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Ketua Dekopinda Subang menyampaikan bahwa di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Subang yang mengalami penurunan akibat Covid-19, Koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang tetap menunjukkan semangatnya untuk terus berkembang dan berinovasi. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang telah diperoleh dan kontribusinya terhadap pengembangan koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang.

Lebih lanjut ketua Dekopinda menambahkan, koperasi dan UMKM Kabupaten Subang memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat  memperluas pangsa pasarnya dengan adanya Proyek Strategis Nasional Pelabuhan Patimban.

Pihaknya juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas koperasi termasuk UMKM sekaligus mendukung program ketahanan pangan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya dengan memberikan pembinaan kepada koperasi dan sumber dayanya sehingga mampu menghasilkan produk yang bersaing dan dapat dipasarkan ke luar pulau dan provinsi lainnya di Indonesia.

“Mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Subang karena ini peluang yang besar bagi bisnis Koperasi dan UMKM dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Subang,” ujar Ketua Dekopinda.

Sementara itu dalam sambutannya Kang Jimat juga mengucapkan selamat Hari Koperasi yang ke-74.

Kang Jimat berharap melalui momen peringatan Hari Koperasi pada tahun ini, koperasi di Kabupaten Subang dapat produktif untuk menghasilkan produk hasil pertanian dan UMKM, sehingga tidak sekedar bergerak pada simpan pinjam.

Lebih lanjut Kang Jimat juga menghimbau di era industri 4.0 ini para anggota Koperasi diminta untuk dapat mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan media elektronik dan digital sebagai alat untuk dapat memperluas pemasarannya terlebih di situasi pandemi saat ini.

“Saya Berharap koperasi menjadi salah satu jalan keluar dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujar Kang jimat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan berbagai penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi dalam pengembangan koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang, diantaranya diberikan kepada  Koperasi  wanita LED Leles dari Kemenkop UKM RI.

Selanjutnya penghargaan dari Dekopinwil Jawa Barat kepada Hj. Yoyoh Sopiah sebagai tokoh yang telah berkontribusi positif bagi pengembangan koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang. Adapun penghargaan lainnya juga diberikan kepada koperasi dan UMKM Subang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, Kadis DKUPP Subang, Ketua TP. PKK Kabupaten Subang, serta para pengurus Koperasi Kabupaten Subang