Percepat Target Vaksinasi, Polres Majalengka Buka Gerai Layanan Vaksin

suaramajalengka.com – Majalengka, Polres Majalengka Polda Jabat membuka gerai vaksin presisi dengan menyediakan layanan vaksin Covid-19 gratis, Langkah itu dilakukan untuk warga Kabupaten Majalengka dalam rangka mempercepat vaksinasi kepada warga. Selasa (29/6/2021).

“Khusus saat ini kita mencoba membuka gerai vaksinasi presisi, di mana kita sudah mengklasifikasi cara-cara percepatan vaksinasi. Polres Majalengka membuka gerai Vaksin Presisi ini menjadi salah satu untuk mempercepat vaksinasi,” kata Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda melalui Kabag SDM KOMPOL M.Gozali.

Menurutnya, layanan vaksinasi Grey Presisi yang didirikan di Aula Kanya Wasistha Polres Majalengka ini ditunjukan bagi masyarakat  yang memang tidak memiliki waktu cukup untuk mengantri melaksanakan vaksinasi di lokasi-lokasi yang ditentukan sebelumnya.

“Makanya ketika melakukan aktivitas yang lain, terutama masyarakat yang sedang melaksanakan pembuatan SIM, SKCK dan pelayanan Polres lainnya kita memberikan pelayanan lainnya bisa mampir untuk vaksiansi,” ujarnya.

Selain membuka layanan gerai vaksin di Polres Majalengka juga membuka gerai vaksin di Polsek Jajaran bekerja sama dengan Puskesmas setempat beberapa titik secara masal hingga melayani mobile untuk menyasar lokasi-lokasi yang sulit dijangkau. “Ini merupakan pilihan yang lain bagi masyarakat yang ingin terlayani pelaksanaan vaksinasinya,” katanya.

Walaupun, kata Kabag SDM, lokasi gerainya sesuai wilayah hukum Polres Majalengka. Namun layanan vaksin ini bisa digunakan oleh semua masyarakat tanpa ikatan domisili. Sedangkan untuk persyaratan hanya memakai KTP.

“Untuk persyaratannya yang pertama harus punya KTP, sehat jasmaninya ya, nanti akan dilakukan skrining. Kemudian sudah di atas 18 tahun, yang penting membawa KTP atau setidaknya memiliki NIK ya untuk pendataan dan sehat ya,” sebutnya.

Lebih lanjut, adapun sasarannya di antaranya masyarakat yang bermukim di kawasan padat penduduk dan sulit dijangkau yang dipusatkan dalam satu lokasi atau di Puskesmas setempat. Target setiap Polsek atau lokasi berkisar 200 hingga 500 orang.

Sementara itu, sejak melakukan vaksinasi massal pada pertengahan Juni 2021, jajaran Polres Majalengka sudah memberikan suntikan pertama vaksin bagi sebanyak 6000 warga.

Kabag SDM Polres Majalengka KOMPOL M.Gozali menjelaskan, untuk meningkatkan minat masyarakat divaksinasi, selain melakukan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat, Polres Majalengka melakukan beberapa pendekatan sebagai strategi percepatan serbuan vaksinasi di Majalengka. Pungkasnya. ( RED )