Mampu Bertahan di Saat Krisis, Wali Kota Minta UMKM di Kota Cirebon Tak Henti Berkarya

CIREBON – Wali Kota minta pelaku UMKM dan IKM di Kota Cirebon pantang menyerah. Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon senantiasa berupaya agar produk-produk UMKM dan IKM dari Kota Cirebon dapat mendunia.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., saat meresmikan Galeri UMKM di gedung Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM), Selasa, 10 Agustus 2021. “Saya berpesan kepada pelaku UMKM dan IKM di Kota Cirebon, jangan pernah menyerah,” tegas Azis. Pelaku UMKM dan IKM diminta senantiasa berkarya untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Pelaku UMKM dan IKM telah membuktikan kemampuannya. Yaitu tetap bertahan sekalipun di masa krisis.  Termasuk pelaku UMKM dan IKM di Kota Cirebon. “Mereka telah menghasilkan berbagai produk yang berkualitas,” tegas. Bahkan kemasannya pun sangat menarik dilihat.

Pemda Kota Cirebon, lanjut Azis, juga senantiasa mendorong agar produk-produk yang dihasilkan UMKM dan IKM di Kota Cirebon bisa go internasional. “Masyarakat Kota Cirebon juga saya minta untuk turut mendukung UMKM dan IKM di Kota Cirebon,” harap Azis.  Caranya, dengan membeli produk-produk yang dihasilkan serta mengajak kerabat dan saudara untuk turut membeli produk yang mereka hasilkan. “Untuk ASN saya minta juga senantiasa membeli produk-produk yang dihasilkan UMKM kita,” ungkap Azis.

Galeri UMKM dan IKM terletak di lantai pertama gedung DPUKM Kota Cirebon. Gedung bertingkat 4 yang baru dibangun dan representatif digunakan tidak hanya untuk kegiatan perkantoran namun juga berbagai kegiatan lainnya. Dengan telah digunakannya gedung baru tersebut Azis berharap dapat memberikan semangat baru dan meningkatkan kinerja bagi ASN yang berdinas di DPUKM Kota Cirebon.

Sementara itu, Kepala DPUKM Kota Cirebon, drh. Maharani Dewi, menjelaskan galeri ini ditempati oleh 98 perajin dengan 400 produk. “Mulai dari craftfashion, kuliner dan lainnya,” ungkap Maharani. Semuanya berasal dari pelaku UMKM dan IKM di Kota Cirebon.

Semua pelaku UMKM di Kota Cirebon dapat memamerkan produk yang dihasilkan di galeri tersebut. Syaratnya menurut Maharani juga mudah, yaitu hanya memiliki KTP Kota Cirebon, memiliki produk sendiri dan memiliki izin usaha. (CIKO)