Kwarcab Pramuka Majalengka dan Pemerintah Kabupaten Majalengka menggelar Resepsi dan Apresiasi sebagai puncak dari peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023

Majalengka,
Kwarcab Pramuka Majalengka dan Pemerintah Kabupaten Majalengka menggelar Resepsi dan Apresiasi sebagai puncak dari peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023, kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis Setda Kab.Majalengka, Kamis (14/09/2023) .

Pada kegiatan tersebut di serahkan bantuan Rutilahu untuk 4 Kwaran dan penghargaan kepada 40 orang anggota Pramuka di lingkungan Kwarcab Majalengka.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Dewan Kehormatan Pramuka, Ketua Mabicab Pramuka Kab.Majalengka, Ketua Kwartir Ranting Kecamatan se-Kab.Majalengka, Kamabiran, Para Pengurus Kwartir Ranting se-Kab.Majalengka, Para Kepala Sekolah selaku Kamabigus, Pimpinan Satuan Karya, para Pembina Pramuka.

Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kab.Majalalengka, Drs. H. Eman Suherman.,M.M., menyampaikan, kegiatan Resepsi dan Apresiasi ini digelar sebagai rangkaian puncak peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 tingkat Kab.Majalengka, dengan membawa tema” Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Proporsional”. Dalam memperingati Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, Kwartir Cabang Kab.Majalengka telah melaksanakan setidaknya 15 Agenda kegiatan, diantaranya Rapat Kerja Cabang Kab.Majalengka, peningkatan kapasitas andalan, mengikuti lomba tingkat IV Kwartir Daerah Jawa Barat, pengiriman peserta dan Pembina pendamping Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan, penyelenggaraan perkemahan Jambore Ranting se-Kab.Majalengka yang pelaksanaannya dari mulai tanggal 12 hingga 15 Agustus 2023,lomba apertase dan konten kreatif peringatan Hari Pramuka. Pemberian penganugerahan Piagam dan tada penghargaan anggota Dewasa gerakan pramuka untuk pembina, majelis pembingbing dan para andalat sejumlah 40 orang.

Selain itu Kwartir Cabang Pramuka Kab.Majalengka juga telah menjalin kerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah Kab.Majalenga dalam rangka ikut serta menurunkan angka kemiskinan melalui program Pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu), dengan sasarannya yaitu anggota Pramuka yang orangtuanya memiliki rumah tidak layak huni atau para pembina atau pelatih Pramuka Non ASN yang rumahnya tidak layak huni. Setidaknya hingga bulan ini terdapat 4 rumah tidak layak huni yang tengah disiapkan dalam program pembangunan Rutilahu ini, ke empat rumah tersebut berasal dari 4 ranting yaitu, Ranting Kecamatan Majalengka, Ranitng Kecamatan Palasah, Ranting Kecamatan Bantarujeg dan Ranting Kecamatan Argapura.

“Kami berinisiatif membuat sebuah langkah terobosan bekerja sama dengan Pemkab Majalengka dalam rangka menekan angka kemiskinan melalui pembangunan Rutilahu ini,selin itu jajaran gerakan Pramuka ingin menggugah kembali semangat Patriotisme, kebersamaan dan kegotong-royongan,” ucap Ketua Kwarcab Majalengka.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kab.Majalengka, Dr. H.Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan, eksistensi keberadaan gerakan Pramuka didasarkan pada kekuatan Budaya yang kuat dalam membangun organisasi, refleksinya tampak dengan mengedepankan kebersamaan, kegotong-royongan dan nilai-nilai persatuan dalam organisasi.

“Oleh karena itu saya ingin titipkan kepada para pengelola Pramuka baik ditingkat Sekolah, Kecamatan dan Kabupaten agar Pramuka tetap dipelihara, dilestarikan dan dikawal dengan baik, serta terus ditingkatkan dengan inovasi-inovasi dan kolaborasi, sehingga eksistensi Gerakan Pramuka dapat terus terjaga dalam tataran yang tetap dinamis,”ucap Bupati.

Selain itu Gerakan Pramuka perlu adanya regenerasi dan kesinambungan, perlu adanya upaya penguatan jaringan yang ada dengan tetap mengedapankan unsur-unsur kekinian, menjaga konsistensi keberadaan Pramuka bukan berarti berdiam diri apa adanya namun terus berinovasi dan mencermati apa yang dibutuhkan masyarakat karena Pramuka ada dimana-mana, serta turut serta bersinergi dengan Pemerintah untuk ikut membantu dan peduli membangun masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Program Pembangunan Rutilahu yang digagas Kwartir Cabang gerakan Pramuka Kab. Majalengka merupakan sebuah bentuk kepedulian sosial, untuk itu saya sangat mengapresiasi inovasi tersebut, terus jalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah dan juga Baznas Kab.Majalengka untuk bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan, dalam rangka turut serta mensukseskan pembangunan di Kab.Majalengka,” Ujar Bupati.

( Rilis Diskominfo Majalengka )

Pos terkait