Jakarta-Bandung Hanya 1 Jam, Kereta Api Cepat Terkoneksi LRT dan KA Feeder

Suaramajalengka.com//Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah menyiapkan dua layanan kereta api yang menghubungkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Ini akan menjadikan perjalanan Jakarta-Bandung hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Kedua kereta api tersebut yaitu LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB. Untuk diketahui, stasiun keberangkatan KCJB berada di stasiun Halim. Sementara, stasiun kedatangan di Bandung berada di stasiun Padalarang.

“Hadirnya LRT Jabodebek dan KA Feeder ini akan mempermudah konektivitas masyarakat untuk menuju stasiun KCJB melalui sistem transportasi yang bebas kemacetan dan tepat waktu,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Senin (5/12/2022).

Dengan menggunakan LRT Jabodebek, pelanggan cukup menempuh waktu selama 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jabodebek Halim. Pelanggan nantinya dapat langsung berpindah dari Stasiun LRT Jabodebek Halim ke Stasiun KCJB Halim karena kedua layanan tersebut telah terintegrasi pada lokasi yang sama.

Guna mempermudah masyarakat LRT Jabodebek pada rute Dukuh Atas – Halim pada jam sibuk akan tersedia setiap 8 menit sekali. Hal tersebut dapat direalisasikan karena KAI sudah menerapkan teknologi paling modern dalam operasional LRT Jabodebek.

“Masyarakat juga dapat menggunakan KRL Commuterline menuju stasiun yang terkoneksi dengan LRT Jabodebek yaitu Stasiun Sudirman dan Cawang untuk selanjutnya meneruskan perjalanan menggunakan LRT ke Stasiun KCJB Halim,” tambah Joni.

Setelah menempuh perjalanan LRT Jabodebek selama 20 menit, perjalanan KCJB dari Stasiun KCJB Halim menuju Stasiun KCJB Padalarang akan ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Di Padalarang, KAI telah menyediakan layanan KA Feeder yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB. Adapun waktu tempuh KA Feeder Kereta Cepat untuk menuju Stasiun Bandung adalah hanya 18 menit.

“Dengan menggunakan layanan kereta api yang sudah terkoneksi tersebut, maka total waktu yang dibutuhkan antar pusat Kota Jakarta dan Bandung sekitar satu jam perjalanan. Dengan teknologi dan SDM terbaik KAI akan memastikan bahwa seluruh perjalanan kereta api tersebut beroperasi tepat waktu seperti layanan KAI yang sudah ada saat ini” tandas Joni.

(@aher/PMJNews)