Indonesia Dibungkam Vietnam, Iwan Bule Bawa-bawa Ranking FIFA

Suaramajalengka.com//Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, angkat suara usai Timnas Indonesia dikalahkan Vietnam di semifinal leg kedua Piala AFF 2022, Senin (9/1). Ia menyinggung soal posisi Vietnam di ranking FIFA.

Di pertandingan tersebut, skuad ‘Garuda’ kalah dengan skor 0-2. Dua gol kemenangan Vietnam dicetak oleh Nguyen Tien Linh di menit 3 dan 47. Indonesia dipastikan tersingkir dari Piala AFF dengan skor agregat 0-2.
Iwan Bule mengatakan bahwa para pemain Indonesia sudah berjuang maksimal di laga tersebut. Ia juga membahas soal posisi Vietnam dalam ranking resmi FIFA.
”Sepanjang laga saya melihat bahwa anak-anak Timnas Indonesia sudah mengeluarkan segenap daya upaya dan telah berjuang sekuat tenaga,” kata Iwan Bule, Senin (9/1).

”Keinginan untuk menang terlihat meski pada akhirnya harus kita akui keunggulan Vietnam yang kini menempati ranking 94 di FIFA,” lanjutnya.

Jika menilik ranking FIFA per 22 Desember 2022 alias yang ter-update hingga malam ini, Vietnam sebenarnya berada di urutan 96. Sementara, Indonesia masih menempati peringkat 151.
Di sisi lain, Iwan juga berharap pertandingan ini bisa menjadi pembelajaran bagi timnas ke depannya. Ia ingin para pemain bisa segera bangkit untuk menatap agenda selanjutnya.

”Tentu saja laga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua untuk senantiasa berproses karena itu yang tetap kita pegang saat ini,” ujar Iwan Bule.
”Dalam sepak bola pada gilirannya harus ada pihak yang menang dan pihak yang kalah. Kalah bukanlah suatu hal yang memalukan, selama kita tidak menyerah,” terangnya.

(@aher/kumparan.com)