Di Kelurahan Kesenden, Antusias Usia Pelajar Ikuti Vaksinasi Covid-19 Cukup Tinggi

matamaja – CIREBON – Vaksinasi Covid-19 Kota Cirebon terus dilakukan percepatan, upaya tersebut dimulai dari tingkat RW. Di wilayah Kecamatan Kejaksan, vaksinasi dengan sasaran usia 12 tahun ke atas bagi warga Kelurahan Kesenden digelar di aula kantor kecamatan setempat, Rabu, 2 Agustus 2021.

Lurah Kesenden, Rulianto, S.STP. mengatakan, hari ini merupakan jadwal vaksinasi untuk RW 04, 05, dan 06 Kelurahan Kesenden. “Alhamdulillah partisipasi dan antusias masyarakat cukup tinggi, dibuktikan dengan hadirnya warga ke sini, terlebih banyaknya usia 12 tahun ke atas, saya apresiasi,” ujar Rulianto.

Menurutnya, banyak pelajar yang mengikuti vaksinasi Covid-19, khususnya di RW yang hari ini dijadwalkan menjalani vaksinasi. “Pelajar yang mengikuti vaksin bervariasi, ada yang SMA, ada juga SMP yang usianya di atas 12 tahun,” katanya.

Ia berharap, mudah-mudahan yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 ini, dapat mengajak teman-teman sebayanya untuk ikut vaksinasi tersebut. “Ini dalam rangka mempercepat membentuk herd immunity di Kelurahan Kesenden,” ungkap Rulianto.

Dikatakannya, pemerintah tingkat kelurahan dibantu kader posyandu, PKK, sampai Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sangat kompak dan maksimal dalam mengajak warga untuk turut serta dalam percepatan program vaksinasi Covid-19. “Ini terbukti dengan tingginya minat dan antusiasme warga di Kelurahan Kesenden,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penanggung Jawab Program Imunisasi Puskesmas Kejaksan, Bidan Lina Dwi Rahmawati menyampaikan, vaksinasi Covid-19 untuk warga Kelurahan Kesenden berjalan dengan lancar dan antusiasme masyarakat cukup tinggi. “Untuk Kelurahan Kesenden, Puskesmas Kejaksan menggelar vaksinasi Covid-19 setiap Hari Rabu dan Sabtu,” jelasnya. Untuk Rabu, vaksinasi digelar di Aula Kantor Kecamatan Kejaksan dan Sabtu di Puskesmas Kejaksan.

Dijelaskan Lina, pihaknya mengalokasikan vaksin dalam sehari sebanyak 150 vial dosis vaksin, dengan pembagian setiap RW ada 50 orang. “Sampai hari ini sudah berjalan 6 RW di Kelurahan Kesenden,” katanya.

Pihaknya berharap, semoga ke depan semakin banyak masyarakat yang termotivasi untuk segera mendapatkan vaksinasi ini. “Semoga warga tidak lagi mendengar berita hoax yang beredar di tengah masyarakat,” tandasnya.

Salah seorang pelajar yang menjalani vaksinasi Covid-19 di Aula Kantor Kecamatan Kejaksan, Naswa (15) mengungkapkan alasannya ingin divaksin. Ia ingin pandemi Covid-19 segera selesai agar kembali ke sekolah untuk belajar tatap muka. “Saya kelas 9 SMP, mau divaksin karena ingin sekolah tatap muka,” ungkapnya.

Naswa mengatakan, dirinya tahu informasi adanya vaksinasi di wilayah Kelurahan Kesenden dari pengurus RW setempat. “Insya Allah dengan divaksin ini saya terhindar dari virus corona,” ungkap Naswa. (red)