Dampak Piala Dunia U-17, Puluhan Orang Beli Batik Tulis Solo

Piala Dunia FIFA Usia-17  telah memberikan pengaruh positif terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Salah satunya berdampak terhadap penjualan batik tulis  di Hotel Solia Signa.

Penuturan pengrajin batik tulis,Suharni, kepada InfoPublik Sabtu (25/11/2023), jumlah batik tulis yang terjual mencapai puluhan.

“Cukup senang dengan adanya Piala Dunia karena jumlah batik tulis yang terjual cukup besar dibanding hari biasa,” kata Suharni.

Dia mengharapkan di waktu yang akan datang terdapat acara seperti Piala Dunia, sehingga makin banyak orang yang mengenal batik tulis Solo.

Menurut Suharni, pembuatan batik tulis memerlukan waktu yang relatif lama yakni 7 hari .

“Memang perlu waktu yang tidak singkat untuk membuat batik tulis,” ujarnya.

Motif batik solo umumnya memiliki ciri-ciri pola tradisional dalam batik capnya maupun tulisnya.

Selain itu, motifnya memiliki warna dominan coklat, juga kekuningan dan terkenal dengan ukuran motifnya yang kecil dan geometris.

Sebelumnya, Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman, Gunawan Setiawan berharap pelaku UMKM, terutama batik di Kauman, bisa dilibatkan secara langsung agar dampak ekonomi bisa dirasakan lebih besar. Tidak hanya sekedar peningkatan kunjungan wisata.

“Saya berharap, kita dilibatkan dalam acara-acara seperti ini dalam arti [batik kan] menjadi produk kebanggaan Kota Solo. Dan tentunya kita tidak hanya digarap perorangan, kita kan satu komunitas,” kata Gunawan seperti dilansir laman Solopos.com, Rabu (22/11/2023).

Kota Solo  menjadi salah tuan rumah Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 bulan November-Desember. Pertandingan  digelar di Stadion Manahan.

Kota Solo  menggelar sejumlah pertandingan babak penyisihan hingga final .

Babak penyisihan telah dimulai 10 November  yang mempertandingkan negara yang tergabung dalam Grup B yakni Mali, Uzbekistan, Spanyol, dan Kanada.

Sedangkan babak perempat final dilangsungkan Sabtu (25/11) akan menyajikan dua pertandingan yaitu Prancis vs Uzbekistan, dan Mali vs Maroko, untuk Semifinal akan digelar pada Selasa (28/11), dan  Final pada Sabtu (2/12).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan