by

Cegah Terjadinya Kejadian Luar Biasa, PMI Gelar Orientasi dan Pembekalan Sibat

Sukabumi – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menggelar kegiatan orientasi dan pembekalan untuk penguatan respon masyarakat dengan materi pengendalian kejadian luar biasa (KLB) untuk para relawan  Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) pada hari Kamis, 19 Agustus 2021, bertempat di Kelurahan Cisarua. 

Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo, menjelaskan penguatan kapasitas masyarakat perlu dilakukan untuk memaksimalkan upaya respon pengendalian khususnya menghadapi pandemi covid – 19 saat ini, utamanya dalam hal pencegahan, deteksi dini, dan aksi dini di wilayah. Dijelaskan pula bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini didukung pendanaan dari Korea International Cooperation Agency (KOICA). Sementara itu, dalam pelaksanaan orientasi Pembekalan Materi Pengendalian Kejadian Luar Biasa (KLB) ini pihaknya melibatkan sejumlah relawan aktif yang tergabung dalam siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) di dua Kelurahan yaitu Kelurahan Cisarua dan Benteng.

Adapun anggota Sibat terdiri dari berbagai unsur yaitu kader Posyandu, relawan tangguh bencana, perangkat kelurahan dan perwakilan tokoh masyarakat dari berbagai segmentasi.

Ia mengharapkan para peserta yang ikut dalam kegiatan ini mampu mengidentifikasi kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) tertentu setelah kejadian bencana alam. Selain itu para peserta dapat melakukan pencegahan dan penanganan wabah atau penyakit untuk mencegah terjadinya KLB.

PMI KOTA SUKABUMI BELUM DAPAT LAYANI PLASMA KONVALESEN

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi untuk saat belum bisa menerima permintaan donor darah plasma dikarenakan alat yang tersedia belum memadai. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua UDD PMI Kota Sukabumi, Fery Febriana.

Saat ini dijelaskannya, banyak permintaan dari masyarakat terkait plasma konvalesen untuk perawatan covid – 19. Namun sejauh ini, PMI Kota Sukabumi belum bisa memenuhi permintaan tersebut karena keterbatasan alat. Meski begitu, pihak PMI telah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk membantu koordinasi, jika ada permintaan donor darah plasma konvalesen.

Adapun PMI terdekat dengan wilayah Sukabumi yang dapat melayani permintaan tersebut, salah satunya adalah PMI Kabupaten Bogor.