Allen Gudono Akan Jadi Wali Nikah di Pernikahan Kaesang-Erina

Suaramajalrngka.com//Sleman, DIY – Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep akan menikahi Erina Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman pada 10 Desember. Dalam pernikahan ini, kakak pertama Erina yakni Allen Adam Rinaldy Gudono akan menjadi wali nikah.

Allen mengaku sudah mempersiapkan diri. Dia berharap pernikahan tersebut berjalan dengan lancar.
“Ya itu sudah harus siap lah. Harus siap. Ya Insyaallah lancar lah,” kata Allen ditemui di rumahnya di Sleman, Sabtu (3/12).

Allen merasa tidak grogi menjadi wali nikah adiknya. Dia mengaku senang adiknya akan menikah. Artinya, akan semakin bertambah banyak saudara.
“Perasaan ya seneng kan nambah saudara juga. Namanya jodoh kan sudah ada yang ngatur (adiknya jadi mantu Presiden),” ujarnya.
Di sisi lain, Allen mengaku lebih banyak mempersiapkan fisik. Terlebih acara pernikahan adiknya cukup panjang yaitu 2 hari di rumah Sleman, 1 hari akad di Pendopo Royal Ambarrukmo, dan 1 hari ngunduh mantu di Solo, Jawa Tengah.

“Persiapan cuma yang penting nyiapin fisik aja. Itu kan ada 3 hari ya, 4 hari itu,” imbuhnya.

Selama 4 hari rangkaian acara pernikahan, Allen mengaku sudah menyiapkan busana untuk satu rangkaian ke rangkaian lainya. Busana tersebut dari desainer khusus.
“Untuk tema ya tema Jawa sih,” ungkapnya.
Erina yang merupakan anak ketiga dari empat bersaudara, saat ini sedang dipingit. Sejauh ini, menurut Allen, Erina belum menentukan apakah akan menggunakan Paes Ageng atau Paes Jogja Putri.
“Kalau Erina ya wajar lah (grogi) kan mau hari H aja. Erina dipingit. Ya istirahat aja. Posisi di sini sudah istirahat dari kemarin,” katanya.
Allen berharap agar acara pernikahan adiknya diberi kelancaran. Selain juga dia berharap Kaesang dan Erina sakinah mawadah warahmah.

Pantauan awak media di rumah Erina di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, tenda sudah mulai terpasang.
“Alhamdulillah (persiapan) 100 persen bismillah proses. Mudah-mudahan sesuai schedule (jadwal),” kata Sofiatun ibunda Erina.
Rangkaian pernikahan Kaesang-Erina akan dimulai pada 8 Desember mendatang di rumah Erina. Pada tanggal itu acara dimulai dengan semaan Al-quran pada siang hari dan pengajian pada sore hari.
Lalu, pada tanggal 9 Desember acara juga masih di rumah Erina. Pada tanggal itu pagi harinya, berlangsung siraman. Sementara itu pada malam harinya dilangsungkan midodareni. Di hari itu, juga digelar pula upacara pasang bleketepe tuwuhan.
Pada malam midodareni ini, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk hadir di rumah Erina.

Pada 10 Desember akad nikah dilangsungkan di Pendopo Royal Ambarrukmo. Sebanyak 300 tahu undangan dijadwalkan menghadiri akad nikah.
Setelah akad nikah, lalu digelar panggih atau bertemunya mempelai pria mempelai wanita yang sudah sah menjadi pasangan suami istri.
Selanjutnya, pada 11 Desember digelar acara unduh mantu. Acara ini berlangsung di Solo, Jawa Tengah.

(@aher/kumparan.com)