5 Cara Mengusir Laron dengan Cepat Tanpa Harus Mematikan Lampu

Suaramajalengka.com// Infotainment – Laron adalah hewan yang sangat senang dengan cahaya. Pada musim penghujan, laron biasanya akan berkerumun di sekitar lampu rumah dan membuat penghuninya terganggu. Salah satu cara mengusir laron yang dapat dilakukan adalah mematikan lampu.

Mengutip buku Ensiklopedia Fauna Dunia karya Faizah dan Shafa, laron merupakan jenis serangga bersayap. Ketika masih muda, laron disebut rayap. Hewan ini hidup berkoloni dengan masa yang sangat singkat.
Laron hanya dapat bertahan selama satu malam. Agar hidup lebih lama, laron harus menghampiri cahaya untuk mencari kehangatan sekaligus pasangan. Jika tidak mendapat pasangan untuk bereproduksi, mereka akan mati di pagi hari.
Cara yang paling mudah untuk mengusir laron memang dengan memadamkan lampu. Namun, hal tersebut akan membuat rumah menjadi gelap dan suram. Bagi Anda yang ingin mengusir laron tanpa harus mematikan lampu, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu

Keberadaan laron yang berkerumun memang cukup mengganggu, apalagi jika masuk ke dalam rumah. Dihimpun dari Medical News Today dan sumber lainnya, berikut beberapa cara mengusir laron tanpa mematikan lampu.

1. Semprotan cuka
Zat asam yang ada pada cuka akan membuat laron dan rayap terbunuh dengan mudah. Karena itu, cuka dapat digunakan sebagai pengusir laron yang paling ampuh. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memindahkan air cuka ke dalam botol semprot.
Selanjutnya, kocok botol tersebut dan semprotkan air cuka langsung ke arah laron. Hati-hati saat menyemprot agar air cuka tidak terkena mata. Tunggu beberapa saat hingga laron berjatuhan ke lantai.

2. Jebakan air
Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengusir laron adalah membuat jebakan air. Siapkan ember atau baskom berisi air, kemudian tempatkan di bawah lampu tempat laron berkerumun.
Air tersebut akan memantulkan cahaya terang dari lampu sehingga laron akan mendekat dan terjebak di dalamnya.

3. Semprotan sabun cair
Selain cuka, sabun cair juga dapat digunakan untuk membasmi laron. Jika cairan tersebut menempel di tubuh laron, mereka tidak akan bisa bergerak dan jatuh dari ketinggian. Untuk melakukannya, siapkan terlebih dahulu sabun cair yang Anda punya.

Masukkan cairan sabun ke dalam botol semprot, tambahkan sedikit air, dan kocok sebentar. Semprotkan cairan sabun ke arah laron, kemudian tunggu beberapa saat hingga laron jatuh ke lantai.

4. Menggantung cabai
Cabai mengandung capsaicin yang mampu merusak sistem saraf, pencernaan, serta menyebabkan iritasi pada tubuh laron. Dengan menggunakan cabai, laron di sekitar rumah akan terusir dengan mudah.
Untuk melakukan hal tersebut, cukup iris beberapa cabai dan gantungkan di dekat lampu yang penuh kerumunan laron. Cabai yang telah dibelah ini akan mengeluarkan aroma yang menyiksa laron hingga membuatnya berjatuhan di lantai.

5. Semprotan pembasmi serangga
Cara terakhir yang paling praktis untuk mengusir laron adalah dengan semprotan pembasmi serangga. Belilah pembasmi serangga yang biasa dipakai untuk membunuh nyamuk dan kecoa, kemudian semprotkan ke arah kerumunan laron. Racun dalam pembasmi tersebut akan membuat laron mati .

(@aher/kumparan.com)