by

28 ODGJ Paska Rawat RSJMM, Dapatkan Vaksinasi Covid 19 dan Santunan 28 Juta

suaramajalengka.com – Majalengka,
28 Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) yang sudah pulih setelah menjalani perawatan dan pengobatan selama 3 minggu lebih di RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM), akhirnya bisa pulang kembali ke keluarganya masing-masing dan langsung mendapatkan Vaksinasi Covid 19 dari Dinkes Majalengka, serta santukan sebesar 28 juta dari Baznas Majalengka, dengan nominal masing-masing sebesar 1 juta rupih.

Dalam kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Serah Terima ODGJ Paska Rawat RSJMM ke Majalengka, yang digelar di Halaman Dinkes Majalengka Rabu 16/06/2021, yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinkes, Dinsos, DPMD, Disnaker Kop dan UKM, BPJS, Camat, kepala Puskesmas serta Keluarga ODGJ

Sementara H. Agus Susanto, S.Sos, MSi, sebagai Sekdis, sekaligus Ketua Penyelenggara Kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa, Dinkes Majalengka mencatat, terdapat 1718 ODGJ sebagai sasaran pelayanan dan 1442 ODGJ telah ditemukan dan mendapat pelayanan kesehatan jiwa di tingkat Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum, serta terdapat 133 ODGJ Berat telah dilakukan Pemeriksaan dan Evakuasi Masal dalam 4 periode, bekerja sama dengan RSJMM.

Perwakilan RSJMM Bogor Iyep Yudiana, SKM. MKM. sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat, menyampaikan ucapapan terimakasih atas kerjasama yang telah dilakukan selama ini.

“Kami menyerahkan kembali ke-28 ODGJ dengan rincian bahwa, ada 2 ODGJ masih menjalani perawatan di RSJMM, 2 ODGJ langsung menjalani Rehabilitasi di Balai Phalamarta Kemensos RI di Sukabumi dan 24 ODGJ yang dibawa, kami serahkan kembali ke Pemda Majalengka melalui Dinkes, Puskesmas dan Keluarga ODGJ”. tutur Iyep

Sementara dr. H. Harizal F Harahap, MM, sebagai Kadinkes Majalengka, menerima kembali ke-24 ODGJ Paska Rawat yang berasal dari 15 Kecamatan dan 17 Puskesmas, seraya menyampaikan terimakasih kepada RSJMM, atas kerjasama yang telah dilakukan.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Direksi dan Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM Bogor , yang telah mengevakuasi, merawat dan mengobati ODGJ Berat Majalengka, dan berharap tidak sampai periode ini saja, tapi berlanjut ke periode berikutnya”. Tutur Kadinkes

Pada kesempatan tersebut 3 ODGJ Paska Rawat RSJMM, dihadirkan kedepan mewakili Ke-28 ODGJ, untuk memberikan testimoninya selama menjalani perawatan dan pengobatan di RSJMM dan mendapatkan apresiasi tepuk tangan yang meriah dari selurus peserta yang hadir.

Baznas Majalengka memberikan santunan sebesar Rp.28 juta rupiah, yang dibagikan kepada 28 ODGJ Paska Rawat RSJMM, yang diserahkan secara simbolis kepada Ke-3 ODGJ, sebesar masing-masing Rp.1 juta rupiah.

Ketua BAZNAS Agus Yani Ismail, MSi, menjelaskan terkait santunan yang diserahkan ke-28 ODGJ Paska Rawat RSJMM, “Santunan sebesar Rp.28 Juta Rupiah ini merupakan Infak dan Sedekah dari PNS/ASN Majalengka yang dikumpulkan dan disalurkan melalui Baznas Majalengka”.

Dalam kesempatan tersebut tim Vaksinator Covid 19 Dinkes Majalengka langsung bergerak melakukan Vaksinasi Covid 19 terhadap 24 ODGJ Paska Rawat RSJMM. Diakhir acara semua peserta yang hadir bersepakat meneriakan semangat, “Majalengka Bebas Pasung Tahun 2021 dan Majalengka Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri”.

( Dik/Rilis Diskominfo Majalengka)